Sabtu, 04 Februari 2017

4 CARA ALLAH MEMBERI REZEKI KEPADA MAKHLUKNYA

4 CARA ALLAH MEMBERI RIZKI KEPADA MAKHLUKNYA

4 CARA ALLAH MEMBERI REZEKI KEPADA MAKHLUKNYA
Pic by Pixabay
Assalamu’alaikum !

Akhir – akhir ini saya dibuat bingung dengan masalah keuangan yang menipis, padahal masih banyak kebutuhan yang belum di ceklis,jadinya galau berat. Tapi untunglah saya masih bisa tertawa lepas karena banyak yang mensupport hahha

Bicara masalah rezeki memang tiada habisnya,hampir tiap hari semua orang mencari rezeki untuk mencukupi kebutuhannya. Tidak jarang juga sih ada orang yang malas untuk mencari rezeki,padahal rezeki itu sudah ditaburkan oleh Allah,kita tinggal mencarinya.

Kalian juga mungkin sudah pada tahu ya kalau rezeki itu sudah ada yang ngatur, ya itu dia Allah yang ngaturnya. Mengenai bagaimana caranya Allah memberikan rezeki pada makhluknya,hal itu mudah saja bagi Allah.

Nah bagi kalian yang masih belum tahu nih gimana cara Allah ngasih rezeki pada makhluknya termasuk manteman blogger semua, dari mulai yang masih newbie kayak saya sampai level senior kayak kalian semua hehe  Mohon bimbingannya ya para senior hahahalah

Sebagaimana sudah disebutkan diatas,jadi Ada 4 cara Allah dalam memberikan rezeki kepada makhluknya

Pertama : Rezeki yang dijamin oleh Allah
4 CARA ALLAH MEMBERI REZEKI KEPADA MAKHLUKNYA
Pic by Pixabay
Rezeki ini meliputi kesehatan,makan,dan minum. Ini merupakan rezeki dasar yang terendah. Jadi Manteman dan seluruh umat yang ada di bumi,kalian jangan khawatir tidak bisa makan dan minum,karena ALLAH sudah jamin semuanya tanpa pandang suku,agama,harkat,derajat,dan martabak #eh martabat maksudnya.

Hal ini sudah disebutkan dalam kitab suci yaitu (QS. Hud : 6) yang artinya “tidak suatu binatangpun(termasuk manusia)yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin oleh ALLAH rezekinya.”  Kita tinggal bersyukur dengan semua nikmat dan rezeki yang telah Allah berikan.

Kedua : Rezeki yang didapat sesuai yang diusahakannya
4 CARA ALLAH MEMBERI REZEKI KEPADA MAKHLUKNYA
Pic by pixabay
Allah berfirman “Tidaklah manusia mendapat apa-apa kecuali apa yang telah dikerjakannya” (QS. An-Najm: 39).

Rezeki ini sudah jelas kita tahu maksudnya kan yaa. Orang yang bekerja 2 jam pasti upahnya juga sesuai dengan kerjanya yang dua jam,lain lagi dengan yang 8 jam,yang lebih rajin,lebih sungguh-sungguh,dan lebih berilmu,maka ia akan mendapatkan lebih banyak.

Allah tidak memandang dia itu muslim atau kafir,semua akan mendapatkan sesuai dengan apa yang diusahakannya. Jadi kalau ingin banyak rezekinya,ya kerjanya juga harus rajin dan sungguh-sungguh.
Seperti yang sudah disebutkan diatas,sejatinya rezeki itu sudah ditaburkan, kita tinggal berusaha mencarinya saja sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Ketiga : Rezeki lebih bagi orang yang pandai bersyukur

Kalian pasti tahu dong pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang,tak sayang maka tak cinta, tak cinta maka tak dapat apa-apa. Haha  Ngarang aja ini mah, lanjut aja ya biar cepet selesai.
4 CARA ALLAH MEMBERI REZEKI KEPADA MAKHLUKNYA
Pic by Pixabay
Syukur dan sabar adalah dua hal yang harus ada dalam diri seorang muslim. Karena dengan dua hal inilah seorang muslim bisa berfikir positif dan mengambil pelajaran atas ketetapan allah pada dirinya baik ataupun buruk.

Seperti sahabat rasul yang pandai bersyukur yaitu Khalifah umar bin khattab. Selain seorang pemimpin,Umar juga sangat pandai bersyukur,dalam suatu riwayat disebutkan bahwa Khalifah umar selalu mengucap hamdalah 4 kali ketika ditimpa musibah.

Allah berfirman “sesungguhnya jika kamu bersyukur,pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu,jika kamu mengingkari(nikmatKu), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7).

Inilah yang namanya rezeki orang yang disayang Allah, rezeki orang yang ikhlas hehe  siapa coba yang gak mau disayang Allah, Kalau mau ya harus pandai bersyukur dulu yaa. ! Orang-orang yang pandai bersyukur akan dapat merasakan kasih sayang Allah dan dapat rezeki yang banyak. Itu janji Allah Lho !

Keempat : Rezeki yang istimewa dari arah yang tidak disangka-sangka
4 CARA ALLAH MEMBERI REZEKI KEPADA MAKHLUKNYA
Pic by Pixabay
Rezeki ini hanya miliki orang – orang yang beriman dan bertaqwa saja yaa. Yang ibadahnya males-malesan jangan harap deh. Hehe

Ini yang dinamakan kenikmatan yang tertinggi yaitu nikmat iman dan islam,karena bagi orang yang beriman Allah pasti menjadi prioritas utama dibanding hal lainnya. Maka jelas saja Allah akan memudahkan segala urusannya dan akan memberi kepadanya rezeki yang tidak disangka-sangka.

Dalam alqur’an sudah jelas dikatakan bahwa “Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan(keperluan)nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath-Thalaq: 2-3)

Itulah cara Allah dalam memberikan rezeki kepada makhluknya,dengan begitu kita harus banyak belajar bagaimana caranya bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan.

Jangan pernah mengeluh dengan apa yang kita dapatkan saat ini, sedikit atau banyak itu adalah rezeki yang telah Allah tetapkan. Kalau mau banyak rezeki ya usaha,kerja keras,banyakin ilmu,jadi orang yang bertaqwa, maka Allah pasti kasih tuh rezekinya yang banyak.

So,which one would you choose ?


Wassalamu’alaikum ! semoga bermanfaat ^_^




Kamis, 26 Januari 2017

SENJA YANG HILANG

Saya termasuk lelaki yang suka senja. Setiap ada momen senja yang memperlihatkan keindahannya,saya pasti nongkrongin senja itu di balkon rumah. Kadang saya menikmati senja dengan cara berbeda seperti di tempat yang sepi dan cocok untuk bertafakur alam. Subhanallah

Dikutip dari Wikipedia.org bahwa Senja atau maghrib adalah bagian waktu dalam hari atau keadaan setengah gelap di bumi sesudah matahari terbenam,ketika piringan matahari secara keseluruhan telah hilang dari cakrawala.

Waktu ini dimulai setelah matahari tenggelam saat cahaya masih terlihat di langit hingga datangnya waktu malam (isya) saat cahaya merah (syafak) benar-benar hilang.

Semoga suatu saat nanti bisa menikmati senja di tempat yang lebih indah agar lebih bisa bersyukur lagi atas Rahmat dan karunia Allah yang selama ini saya rasakan setiap hari. Usai melihat senja, saya bisa membuat puisi sederhana ini

Senja Yang hilang


SENJA YANG HILANG

Senja.. temani aku yang kebingungan.
Merahmu mewarnai langit yang hampir gelap
Denganmu.. langit tak kesepian lagi mewarnai dunia.
Dan aku tersenyum melihat kau berpadu dengan langit
Menyaksikanku yang terdiam dilalap mimpi yang semu

Senja perlahan pergi.. langit kini ditemani malam yang hitam pekat.
Kiranya senja tak beranjak dari langit,aku akan senang menikmati warnanya yang berhasil membuatku melupakan sejenak kebingunganku.
Tapi aku tak menyesali itu,karena malam tak datang sendirian.
Bulan dan bintang telah menemaninya.
Aku semakin melupakan kebingunganku Dan terlarut dalam suasana malam.
Aku tersadar bahwa ada yang lebih indah dari senja itu.
Bulan yang berikan cahaya pada malam,Serta kelip bintang lengkapi keindahannya.

Yaa… Qadiir. Sungguh luar biasa kuasaMU.
Kini.. aku selalu menanti malam itu kembali.
Menggantikan senja yang hilang.
Bersama langit yang tlah nyaman denganmu.

Saya berdo'a semoga senja tetap menampilkan keindahan yang luar biasa kepada siapa saja penikmatnya,termasuk saya.

Bagaimana senja menurut teman-teman semua ? Dimana senja yang paling indah yang pernah teman-teman semua nikmati.

Jawabnya di comment aja yaa !  hehe

Selasa, 10 Januari 2017

BUKIT KACAPI, KOLAM RENANG DI TENGAH HAMPARAN KEBUN TEH

Bukit Kacapi, Kolam renang di tengah hamparan kebun teh

Tahun baru sudah berlalu, hari liburpun telah berlalu. Kini semua telah kembali pada aktivitasnya masing-masing dengan harapan baru dan mungkin dengan hal-hal baru pula.

Di hari libur semester kemarin, banyak mahasiswa/i juga anak anak sekolahan yang memanfaatkan moment ini untuk berlibur ke berbagai tepat wisata bersama keluarga maupun teman.

Beda dengan para karyawan dan buruh seperti saya, waktu libur ya Cuma hari minggu doang, saat itulah saya bisa mengusir stres akibat kerja dengan melakukan aktivitas ngabolang. Tapi itu pun kalau gak ada undangan dari teman yang nikah. Haha

Ngomong-ngomong soal nikah, minggu-minggu ini banyak temen yang nikah.. haha #temen mulu yang nikah saya kapan ? Insya Allah minggu depan kalau gak hujan. Wkwkwkw

Udah ah jangan ngomongin nikah, jadi kepikiran lagi.. hehe  Kembali ke topik. Di tahun baru kemarin saya beruntung ada waktu luang dan temen ngajakin pergi ke tempat baru yang lagi hits di kota saya. Namanya Bukit Kacapi.

Bukit Kacapi berada di Desa Tanjung karang Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya, beberapa minggu terakhir tempat ini memang lagi ramainya dibicarakan di akun medsos tasikmalaya. Beberapa foto kolam renang berlatar kebun teh bermunculan di medsos.

Sebelumnya Saya sudah pernah ke daerah cigalontang ke kebun teh gunung satria. Akhirnya Saya memutuskan untuk berangkat bersama geng pecinta cabe-cabean. Wkwkw  Hari minggu Saya berangkat jam 07.30  pake motor.
Bukit Kacapi, Kolam renang di tengah hamparan kebun teh
Jalannya masih tanah

Bukit Kacapi, Kolam renang di tengah hamparan kebun teh
Area Parkir sekitar lokasi wisata

Dari pusat kota tasik Kami membutuhkan ± 2 jam ke arah singaparna - garut. Di perbatasan tasik garut,tepatnya setelah jembatan belok kanan ke arah gunung satria, tidak jauh setelah belok ada kandang ayam gede trus belok kanan lagi yang ke bawah lalu ikuti jalannya.

Untuk ke kawasan ini agak susah-susah gampang karena masih minimnya petunjuk. Jalannya juga lumayan berbatu setelah masuk desa terakhir. Untuk masuk kesini Kami harus bayar uang 2rb/org sebagai tanda masuk kawasan perhutani. Habis itu, masuk kolam renang harus bayar tiket sebesar 6rb/org.

Bukit Kacapi, Kolam renang di tengah hamparan kebun teh
Tiketnya masih seadanya..

Namun sayang sekali di beberapa desa sebelum masuk bukit kacapi banyak portal yang mengharuskan kami bayar uang juga, entah itu untuk apa yang jelas pengelola bilang itu hanya akal – akalan dari warga desa setempat yang memanfaatkan moment, istilah kerennya pungli kali ya. hehe

Setelah sampai di lokasi, jalanan di bukit kacapi sudah dipenuhi banyak kendaraan bermotor dan juga mobil. Kami harus memilih tempat buat parkir karena disekitar lokasi rumputnya tinggi,jadi agak susah parkir.

Di bukit kacapi sendiri terdapat kolam renang, Selain itu ada 2 WC dan 4 kamar ganti, Kita bebas berenang Dan berfoto di kebun Teh yang sudah terhampar luas. Bagi yang suka Selfie, gak bakal deh kehabisan spot buat Selfie. Hehe

Bukit Kacapi, Kolam renang di tengah hamparan kebun teh
Muka Kedinginan. haha

Bukit Kacapi, Kolam renang di tengah hamparan kebun teh
Subhanalloh banget

Selain berenang, kamu juga bisa main prosotan air kalau bawa anak trus foto bareng di kolam ala ala liburan keluarga ditemani landscape hamparan kebun teh yang belum tentu bisa kamu dapatkan di tempat lain.

Bukit kacapi ini memang berada di area perkebunan teh, yang dikelola oleh perhutani kabupaten tasikmalaya. Terdapat satu kolam renang dengan memanfaatkan air dari alam tanpa kaporit, tidak hanya itu pengelola juga menyediakan beberapa gazebo untuk tempat bersantai atau sekedar makan makan.

Bukit Kacapi, Kolam renang di tengah hamparan kebun teh
Sobat saya lagi galau..hehe

Kalau lapar, bisa jajan karena disana ada beberapa warung yang menawarkan makanan. Di dalam area kolam juga ada warung mie ayam yang bisa anda coba sehabis kedinginan berenang.. cocok kaan. Tenang, harganya normal kok, semangkuk mie ayam gak sampai 10 + foto bareng sama pedagangnya juga  haha

Berdasarkan pernyataan pengelola tempat wisata bukit kacapi, awalnya tempat ini hanya milik perseorangan yang digunakan untuk bersantai bagi warga sekitar perkebunan. Namun setelah ada pengunjung dari luar daerah dan kemudian mengunggahnya di sosmed, tempat ini jadi ramai karena banyak yang penasaran dengan tempatnya.

Bukit Kacapi, Kolam renang di tengah hamparan kebun teh

Pengelola bilang sebenarnya tempat ini belum siap untuk umum, tapi ya tau sendiri gimana hebatnya sosial media yang mudah sekali bikin booming termasuk bukit kacapi. Makanya pengelola sudah berdiskusi dengan pejabat setempat untuk mengembangkan bukit kacapi.

Menurut informasi yang didapat, Pengembangan dilakukan dengan menambahkan gazebo dan juga spot baru seperti flying fox, paralayang, dan juga arung jeram.

Saya ngebayangin kalau spot spot yang direncanakan sudah jadi, mungkin bukit kacapi bakal jadi tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan yaa. Saya mah berdo’a saja semoga perencanaan itu benar terjadi. Haha  Aminkan saja yaa  Amiin





Jumat, 23 Desember 2016

CURUG DENGDENG CIKATOMAS YANG EKSOTIS


Curug dengdeng Cikatomas yang eksotis


Assalamu'alaikum !

Untuk pertama kalinya saya memberanikan diri membuat postingan tentang perjalanan saya sebagai si bolang haha. keputusan ini saya ambil karena demi kemaslahatan blog saya yang isinya cuma puisi teu pararuguh. haha Dan tentunya karena saya bukan seorang penyair atau sastrawan yang jago bikin puisi.

Perjalanan ini saya namakan ngabolang (dalam bahasa sunda) yang berarti main ke tempat yang berbau alam. Pertama kalinya saya diajak sodara yang ternyata baru pertama juga ngabolang pada waktu itu. Tahun 2014 tepatnya bulan maret saya mengawali asyiknya ngabolang yang sampai saat ini masih terus berjalan.

Bermodalkan arahan dari teman dumay sodara saya, kami melakukan perjalanan pertama ke sebuah curug yang bernama Curug Dengdeng. Berdasarkan dari gambarnya teman dumay sodara saya, curug ini memang bagus banget dan lebar. Ternyata curug ini banyak yang menamai niagaranya tasikmalaya.

Tempat ini sangat unik karena curugnya bertingkat dan terbentuk dari batuan seperti karang yang berada di lautan. Selain itu, air dari curug ini terlihat berwarna biru seperti air laut dan memang sangat bersih.

Curug ini berada diantara hutan dan persawahan, suasana ketika berada disini sangat nyaman dan bikin betah berlama - lama. Saya juga sampai lupa waktu, saking betahnya ngaso di curug ini.

Curug dengdeng Cikatomas yang eksotis
difoto dari persawahan


Waktu itu saya berempat tiba di curug dengdeng masih pagi, disana sudah ada anak - anak warga desa yang sedang asyik mandi dan bermain air. Di sebrang curug juga ada sekumpulan mas - mas yang lagi masak nasi liwet together.

Saya dan temon temon memarkir motor di tepi sungai di atas curug dengdeng, enak banget karena tempat parkirnya dekat dengan curug jadi gak perlu cape jalan kaki dulu.. haha  "Rek naon heula mang ayeuna" kata sodara. Saya bilang "langkah pertama selfeh dulu wa.. haha"

Duo cewek langsung ikut selfie sementara wa gugun langsung buka baju karena gak tahan lihat airnya yang jernih katanya. Udah gitu langsung saya nyusul buka baju dan duduk di bawah curugnya yang tingkat pertama.

FYI untuk berkunjung kesini, anda tidak di pungut biaya apapun kecuali bensin isi sendiri yaa.. haha  tempat ini masih belum banyak yang tahu waktu itu, anak - anak dan mas mas yang ngaliwet juga itu orang dekat curug.

Tempat ini bukan mall ya, jadi gak ada pedagang disana.. haha  bawalah makanan ringat atau bisa juga niru mas mas tadi buat ngaliwet together. sambil nunggu nasi liwetnya matang, kamu kamu bisa berenang dulu atau sekedar foto foto keceh. haha

Curug dengdeng Cikatomas yang eksotis
foto langit mendung


"Mang balik yu, geus poek" kata wa gugun.. Dia ngajak pulang karena melihat langit sudah gelap alias mendung tandanya ada yang mau turun dari langit. kami hanya bisa bermandi ria sebentar, belum puas menikmati suasananya. langsunglah kami bergegas karena mengejar waktu takut kehujanan.. haha

Curug dengdeng Cikatomas yang eksotis
Wa gugun yang tengah 😄


Curug dengdeng Cikatomas yang eksotis


Akses jalan ke curug ini bukan aspal tapi tanah merah, makanya kalau sampai ke hujanan bisa berabe pulangnya. Curug ini kan berada di desa tawang kecamatan cikatomas kabupaten tasikmalaya. Berada pada jarak kurang lebih 80km dari pusat kota tasikmalaya, mengambil arah ke salopa dan cikatomas kemudian setelah ada SPBU belok kiri ke arah panca tengah.

Curug dengdeng Cikatomas yang eksotis
Penampakan SPBU Cikatomas


Curug dengdeng Cikatomas yang eksotis
Jalan perkampungan dekat curug


Dari SPBU kurang lebih 5km sampai ke curug dengdeng, saat ini mungkin sudah ada pemberdayaan dari masyarakat disana untuk mengelola curug dengdeng jadi menurut saya pasti akan lebih mudah untuk menuju kesana.

Akhirnya selesai juga nulisnya.. haha  Fix blog Zhaenudin harus eksis

Kalau hanya sekedar ingin refresh dan mencari ketenangan, tidak perlu ngluarin banyak duit pergi ke bali atau raja ampat. Lihatlah daerah sekelilingmu,siapa tahu ada tempat yang lebih tenang tanpa harus repot pergi jauh. hehe

Sampai jumpa di cerita berikutnya.. !


Sabtu, 17 Desember 2016

Dimanakah Kasih Itu

Assalamu'alaikum !

Setiap manusia memiliki rasa kasih dan sayang, semua itu adalah anugerah dari Allah swt yang patut kita syukuri. Manusia juga tidak hanya memiliki kasih, namun juga membutuhkan kasih dari setiap orang terutama yang terdekat. Tidak perlu lama berbasa basi, langsung saja ini dia puisinya

DImanakah kasih itu
Foto by : @sobatzain


DIMANAKAH KASIH ITU ?

Kasihmu yang tulus nan abadi
Selembut sutera para bidadari
Melingkar diatas kelemahan jiwa
Penghias semua wanita

Putih cinta yang kau berikan
Laksana awan yang melintang luas
Mewarnai langit biru nan cerah
Terlihat indah di pelupuk mata

Sosok cantik yang ku rindukan 
Bersembunyi di balik kepelikan
Tak mau muncul sedetik saja
Mengobati rindu yang tak tertahankan

Dimanakah kasih itu?


Nah cukup sekian puisinya, karena lagi banyak kerjaan jadi maaf baru bisa posting lagi.. hehe
Do'akan juga semoga saya bisa semakin mahir bikin puisinya. dan mau nambah konten lagi selain puisi.. semoga cepat realisasi Amiin


Senin, 26 September 2016

Puisi 1/3

Assalamu'alaikum

Sepertiga malam adalah momen yang tepat bagi seseorang untuk sejenak melupakan keduniaan. Diwaktu itu,Rasul dan para nabi lainnya menganjurkan kepada umatnya untuk berdzikir,bermunajat dimana kebanyakn manusia sedang tertidur lelap.

Kali ini saya akan memberikan puisi berkaitan dengan 1/3 malam, Selamat menyimak !

puisi 1/3
Pic by : Google


1/3

Ku terbangun di sepertiga malam
Kubuka mata dengan do’aMu
Kurasakan tenangnya hati kala itu
Ringannya jiwa ini

Heningnya malam jelas di telingaku
Sepi terasa begitu tenang
Menyadarkanku untuk sujud padaMu
Menyaksikan kebesaranMu

Yaa aziiz
Suara rintihan dzikir terucap
Membasahi bibir yang kering
Memecahkan hati yang keras
Merendahkan diri kepadaMu

Inginku rasakan suasana ini terus terulang
Menciptakan suasana damai
Menumbuhkan keimananku

Berdo’a didalam sujudku

Sejatinya manusia tidak pernah luput dari dosa, maka jangan sampai menyianyiakan waktu yang telah ada. Karena 1/3 malam adalah momen dimana dosa kita akan mudah dimaafkan, segala urusan kita mudah dikabulkan, dan kita akan dicintai oleh Allah

Senin, 25 Juli 2016

CINTA SEJATI

Cinta sejati sering didambakan banyak orang,cinta sejati juga membuat orang merasa bahagia dengan kesederhanaan,namun entah bagaimana cinta sejati itu karena tidak semua orang memilikinya. Cinta sejati hanyalah milik orang yang merelakan cinta diatas cinta-Nya.

cinta sejati
sumber : pixabay.com

CINTA SEJATI

Terpuruk terbelenggu di keheningan malam
Tak ada sedikitpun suara makhluk yang terdengar
Suasana sepi membawaku dalam angan
Nyatakan cinta tanpa keraguan

Rasa takut hilang terbungkus sunyi
Keberanian muncul di tengah kegelapan
Hati bimbang menjadi tenang
Memancarkan sinar begitu terang

Hanya satu yang aku cinta
Kau yang selalu ada untukku
Kau yang selalu menyayangiku
Menjagaku dengan sepenuh hati

        Tanpa lelah kau amatiku dari jauh
        Tanpa ragu kau lindungiku dengan sungguh
        Seolah benci tertumpuk cinta
        Tak pernah terlihat meski dari dekat

Begitu luas makna cinta yang dapat di definisikan, begitu banyak jenis cinta di dunia ini, namun cinta sejati adalah cinta yang hakiki, cinta yang hanya kepadaNya, cinta yang mampu mengalahkan duniawi.